Hari Ini

SENIOR HIGH SCHOOL 1 SUBANG

SENIOR HIGH SCHOOL 1 SUBANG

Minggu, 06 Juli 2008

Ketua OSIS SMA N 1 Subang 2007/2008

Di Periode 2007/2008 OSIS SMA Negeri 1 Subang, yang terpilih menjadi KETUA OSIS adalah Asep Saeful Ulum dari Ekstrakurikuler Rohani Islam ( ROHIS ) . Berikut akan dibahas singkat mengenai perjalanan hidupnya hingga setelah menjadi Ketua OSIS saat ini.



ASEP SAEFUL ULUM, lahir di Subang, pada hari Selasa malam pukul 21.00 WIB, pada tanggal 04 Desember 1990 dari pasangan Bapak Dedi Maqsudi dengan Ibu Susilawati. Memulai pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar Negeri 3 Pagaden (Kabupaten Subang), namun hanya sampai di bangku kelas 2 Catur Wulan ke-1. Selama di sekolah dasar pertamanya itu, dia selalu meraih peringkat pertama di kelas.

Akang Ulum - demikian dia biasa disapa di SMA N 1 Subang - harus ikut dengan orang tuanya pindah ke Cirebon, dan melanjutkan pendidikannya di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muta'alimin, di Desa Balad, di Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, di tempat kelahiran ayahnya. Sejak usia 8 tahun, dia belajar agama sekaligus "nyantri" di Pondok Pesantren Rohmatul Qur'an ( PPRQ ) asuhan Kyai Haji Syatori, pesantren yang khusus mencetak santriwan dan santriwati yang cinta Al Qur'an. Target terbesar setiap tahunnya, pesantren ini menggelar acara yang biasa disebut "Khataman", atau juga "kelulusan" santri. Syarat lulus harus melalui dua tahap dan dalam tahun yang berbeda, yaitu hafal juz 30 dan di tahun yang lain harus hafal Surat Yasin, Ar-Rohman, Al Waqi'ah, Al Mulk, dan Juz 30.

Akang Ulum, adalah lulusan termuda di angkatannya, Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah ( Tahun 2001 ) lulus tahap pertama, dan di tahun 2003 lulus tahap kedua sebagai santri termuda dalam sejarah kelulusan Pesantren Romatul Qur'an, sementara teman-teman seusianya baru lulus di tahun-tahun berikutnya, itupun baru tahap pertama.

Selama di Madrasah Ibtidaiyah, peringkatnya selalu pertama di kelas, dan dia adalah spesialis juru bicara Tim Cerdas Cermat Sekolahnya sejak Kelas 5, mengalahkan kakak kelasnya yang kelas 6. Sejak Catur Wulan ke-3 Kelas 4, karena beragam prestasinya, biaya SPP nya dibiayai sekolah, dia sudah tidak membayar SPP sampai kelulusannya, satu-satunya siswa saat itu yang tidak membayar SPP di sekolahnya.

Di tahun 2002, Akang ini menjadi juara 2 Lomba Catur seluruh Madrasah Ibtidaiyah tingkat Kecamatan, dan di ajang yang sama, juga meraih juara 1 Lomba Mengarang Bahasa Indonesia seluruh Madrasah Ibtidaiyah tingkat Kecamatan dan di tingkat Kabupaten, akang yang hitam manis ini menjadi juara 2 Lomba Mengarang Bahasa Indonesia untuk Madrasah Ibtidaiyah se-Cirebon.

Pendidikan Menengah Pertamanya dia lanjutkan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumber, setelah lulus dari Madrasah Ibtidaiyah sebagai peraih Nilai Kelulusan Tertinggi dengan nilai 124,21 atau rata-rata setiap pelajarannya 8,87.

SMP Negeri 1 Sumber adalah SMP terfavorit di Kabupaten Cirebon, sudah menjadi Sekolah Standar Nasional sejak tahun 2004. Akang Ulum adalah Tim Olimpiade Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Sumber tahun 2004.

Asep Saeful Ulum, pernah menjadi Juara 2 Pidato Bahasa Arab se SMP tahun 2005. Dia juga pernah meraih Juara 1 Lomba Kailgrafi se SMP tahun 2004, dan menjadi Perintis Angkatan Pertama Organisasi Green School SMP Negeri 1 Sumber tahun 2005.

Kang 'Ulum, melanjutkan Pendidikannya di kota kelahirannya, Subang, dan tercatat sebagai siswa SMA Negeri 1 Subang sejak 12 Juli 2006. Menjadi Seksi Rohani Kelas X-5, dengan Wali kelas; Drs. Kurdi Sopandi.

Di tahun 2006 melalui bimbingan Ibu Siti Farida, guru Bahasa Indonesianya. Cerpennya yang berjudul " - Nya ? " yang bernafas religi, terpilih untuk dilombakan di Bulan Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Kang Ulum juga menjadi Seksi Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw ( Maret 2007 ), dia juga menjadi Mas'ul ( Ketua ) Ikhwan kelas X dalam kegiatan Mentoring ( Halaqoh ) Rohis SMA Negeri 1 Subang ( 2006-2007 ). Terpilih mengikuti seleksi tahap pertama Pertukaran Pemuda dan Pelajar dengan mancanegara yang diadakan di SMA Negeri 8 Bandung ( 2007 ).

Kang Ulum juga menjadi perwakilan Kelas X-5 di seleksi tingkat sekolah untuk Siswa Berprestasi Kabupaten Subang ( 2007 ). Tergabung dalam SMART CLUB ( kumpulan para Aktivis Da'wah Sekolah ( ADS ) se SMA se Kabupaten Subang ).

Tidak sampai di situ, di akhir masa kelas X SMA nya, Asep Saeful Ulum terpilih sebagai Peserta Terbaik Putera kegiatan Bina Taqwa Pelajar Indonesia yang diselenggarakan oleh SMA Labschool Jakarta ( 3 - 6 Juli 2007 ) di atas Kapal Perang KRI 590. milik TNI AL

Di kelas XI, Kang 'Ulum masuk Kelas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ( RSBI ), dan menjadi Ketua Kelas ( Tahun Ajaran 2007/2008 ) dengan wali Kelas : Ibu Lilis Sholihat, S. Si. Menjadi Sekertaris Acara Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad saw ( Agustus 2007 ). Kang 'Ulum juga Menjadi Ketua Pelaksana Pesantren Ramadhan SMA Negeri 1 Subang ( September 2007 ). Menjadi Ketua Pelaksana Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMA Negeri 1 Subang angkatan XI ( November 2007 ).



Tepat di usianya ke 17 tahun, Kang Ulum nih, meraih Juara 1 Lomba Cerdas Cermat UUD Negara Republik Indonesia, dan mewakili Kabupaten Subang di tingkat Profinsi ( 4 Desember 2007 ).

Kang 'Ulum terpilih sebagai Wakil Ketua Rohis angkatan 2007/2008 SMA Negeri 1 Subang ( sejak 7 Desember 2007 ). Bersama Muslim Friend, Menjadi Seksi Publikasi Peringatan Tahun Baru Hijriah 1429 dan menghadirkan Ghaida Tsuraya ( Putri Pemimpin Daarut Tuhid, Aa gym ), dan Ir. Agus Masykur ( Anggota DPRD Kabupaten Subang ). Peserta yang hadir, dari pelajar tingkat SMA dan Mahasiswa di Kabupaten Subang.

Senin, 11 Februari 2008 adalah tanggal yang bersejarah bagi A Ulum, karena sejak tanggal itu dia sah menjadi Ketua OSIS SMA Negeri 1 Subang Periode 2007/2008.


Bersama dengan dua rekannya, kang Ulum mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan oleh Jurusan FMIPA Biologi UPI ( Februari 2008 ) dengan tema Global Warming.

Di ajang Annual English Contest and Seminar (AECS 2008) di UPI Bandung, Asep Saeful Ulum mewakili sekolahnya, SMA Negeri 1 Subang menjadi 2nd Speaker ( Team Debate English ) dan menjadi Quarter Finalist di ajang yang diselenggarakan dari 3rd March - 9th March itu. Kang ‘Ulum adalah Debater SMA Negeri 1 Subang angkatan ke-3.

Siswa yang mengidolakan Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib dan Bacharuddin Jusuf Habibie ini adalah Siswa Berprestasi SMA Negeri 1 Subang tahun 2008 dan Juara 2 Siswa Berprestasi tingkat Kabupaten Subang (April 2008). Tidak berhenti sampai di situ, akang yang suka warna biru ini juga di bulan Mei 2008, menjadi Juara 2 Olimpiade Komputer di Kabupaten Subang dan mewakili Kabupaten Subang ke tingkat Jawa Barat. Asep Saeful Ulum, peserta Olimpiade Sains Provinsi Jawa Barat bidang Komputer tahun 2008.

Tanggal 25 sampai 28 Mei 2008, akang Ulum bertolak ke Jakarta untuk mengikuti seleksi se-Indonesia menjadi Calon Peserta Asean Student Exchange dan Sunburst Youth Camp 2008 yang akan dilaksanakan di Malaysia dan Singapura.

Di Tanggal 15 Agustus sampai 21 Agustus akang Ulum terpilih mengikuti pelatihan IT di negara Korea Selatan atas nama siswa SMA Negeri 1 Subang di tahun ini.

Dan untuk bersama-sama saling memberi manfaat, Asep Saeful Ulum membuka komunikasi dan silaturahim kepada pembaca, di e-mail: ikhwansyah_313@yahoo.co.id dan phone number : 085224485813. 

***

4 komentar:

Unknown mengatakan...

wuik,,,,,,,, narsis ketua osisnya.
oke lah nanti q jg ikutan ahh. (kaya ekor aja ikutan).
berjuang terus y buat bikin blognya.


we are going to go highland together

ur pren

winChester, auDrey mengatakan...

naOn??!!!

kaTA siaPa juaRa 1 tRuz!!
oRang kemaRen kaTa_y remEd trUz!!

BOKIS!!!!!!!!!!
NARSIS!!!!!!!!!

naNTi maGh drEy ga aKan maNggiL aKang Lagi aKh!!


maNg aJa...

MANG ULUM!!!!!!


HUUEEEKKK!!!!

NAJIS!!!!!!


aRRRRGH!!!!!!!!

satan mengatakan...

blognya bagus, jika anda butuh untuk pembuatan baju kelas, anda dapat kirim email ke order@alniscollection.com atau alamat website www.alniscollection.com anda dapat design sendiri kaos yang anda pesan, Thank atas infonya

Anonim mengatakan...

Waah, ketua osis nya perfect pisan nya?
Salam kenal, nitip pesen, di antos jadi aktifis di ITB kituh.
hehe

Muhammad Yorga, mantan aktivis SMA 3 Bandung

liat juga my blog