Hari Ini

SENIOR HIGH SCHOOL 1 SUBANG

SENIOR HIGH SCHOOL 1 SUBANG

Sabtu, 05 Juli 2008

24 Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Subang 07/08





"Berikan 10 Pemuda Kepadaku, dan Akan Aku Guncangkan Dunia".
Presiden Pertama Republik Indonesia pernah mengucapkannya di atas bumi pertiwi tercinta ini. Seorang pemimpin yang sangat tahu medan dan lawan semumpuni Ir. Soekarno yang namanya terkenal hingga ke mancanegara, mengutarakan bahwa peran pemuda memang sangat penting bagi sebuah negara.

Masa Pemuda adalah masa Pelajar.
Siswa Abu-Abu atau yang biasa didengar sebagai Pelajar SMA adalah siswa yang berada pada masa-masa yang disebut sebagai pemuda. SMA memang penuh dengan keindahan, SMA adalah masa mencari jati diri sendiri , bahkan jati diri bangsa.

SMA Negeri 1 Subang. Di Jalan Ki Hajar Dewantara No. 14 A Subang 41212 adalah wahana yang sangat tepat jika ada pertanyaan , sekolah manakah yang menjanjikan siswa-siswanya menemukan jati dirinya? SMA Negeri 1 Subang , sekolah nomor wahid di Kabupaten Subang di provinsi Jawa Barat, memang benar-benar menjanjikan untuk dijadikan wahana penemu jati diri bangsa. karena menemukan jati diri dari seorang pelajar sama artinya menemukan jati diri seorang pemuda, imbasnya akan terbias kepada bangsa, akan tercerminlah betapa luhurnya jati diri bangsa ini.



Wahana Kreasi Pengukir Prestasi, demikianlah slogan yang sudah sangat tidak asing di telinga para siswa di Sekolah Bertaraf Internasional ini. Wahana Kreasi, menjanjikan suatu wadah yang menampung seluruh bakat dari siswa-siswinya. Pengukir Prestasi menjanjikan sesuatu yang sangat luar biasa dari sekolah ini untuk mencerahkan masa depan siswa - siswi tercinta SMA Negeri 1 Subang.

Wadah dan sesuatu apa yang menjanjikan dari sekolah ini?
Dalam bidang akademik, sekolah yang berada di jalan Bapak Pendidikan Indonesia ini selalu berada dalam grafik yang meningkat, baik selama siswa-siswinya menuntut ilmu di sekolah atau setelah berada di bangku kuliah. Di level Kabupaten, sudah jangan ditanya bagaimana sepak terjang siswa SMA ini. Namun yang ingin dibahas dalam tulisan ini adalah, di bidang non akademik, Organiosasi Siswa Intra Sekolah SMA Negeri 1 Subang yang saat ini diketuai oleh Asep Saeful Ulum, memiliki 24 ekstrakurikuler yang siap membawa siswa-siswanya menemukan jati diri dan mengukir prestasi dalam lembaran harum SMA Negeri 1 Subang.

Ada Rohani Islam atau yang biasa disebut Rohis siap membawa siswa-siswi SMA N 1 Subang ke dalam dunia Islam yang sangat mendalam. Link ekskul ini sangat banyak dan luas. Peran alumninya pun sangat terasa dalam kemajuan ekskul ini, siswa-siswa yang "sukses" di kelas di SMA N 1 Subang didominasi oleh pengikut ekskul ini. Kegiatannya beragam, dari mulai yang resmi peringatan hari raya Islam, sampai Rujak Party ada di Ekskul ini. Masjid Ash-Sholihin SMA N 1 Subang, menjadi Base Camp kebanggaan anak-anak Rohis SMANSA(sebutan SMA N 1 Subang), di bawah pimpinan Andris Sugianto.

Dewan Ambalan dan Paskibra, menyuguhkan suatu rasa pembelaan negara yang begitu mendalam bagi siswa-siswi SMANSA. Tingkat produktif penyumbang piala ke SMANSA jatuh kepada Paskibra yang saat ini dikomandani oleh Ifan Priadi Putra, Paskibra SMAN 1 Subang terkenal dengan nama PASSMANSA 204 dengan ciri khas bintang pada lengan bajunya. Untuk tingkat kelihaian dalam mencetak siswa yang mumpuni berorganisasi jatuh kepada Dewan Ambalan di bawah tangan dingin Agung Budi Laksono untuk Ganeca dan Padmanaba oleh Yayu Sri Rahayu.

Pegasus Astro Club, berdiri tahun 2007 dengan Ketuanya Giraldi Fardiaz Kuswanda, siap membawa anggotanya untuk menjelajah duania astronomi. Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di sekolah ini untuk bidang IPA diketuai oleh Fajar Kurnia untuk KIR Indica dan Ony Nurdian untuk KIR Sosial Budaya. Kedua-duanya menjanjikan membawa para siswa untuk menjadi seorang ilmuawan Indonesia masa depan. 

Brainware of SMANSA atau yang biasa disingkat dengan BIOS , tahunini dinahkodai oleh Aria Ambara. Ekskul ini berjalan dalam bidang Komputer, dunia IT siswa seolah dijembatani oleh ekskul yang satu ini. Di urutan ke-9, ada Palang Merah Remaja (PMR), di SMANSA  disebut dengan PMR Wira Patut SMANSA . Saat ini PMR Wira Patut diketuai oleh Rinda Yulisna menjadi wadah para siswa untuk peduli dalam bidang kesehatan.

Sepak Bola , Voly dan Basket serta Karate, yang masing - masing diketuai oleh Dwi Fitrahadi, Dadan Budiman, Fajar galih Pamungkas dan Hardiyanti Hidayat ini, memang khusus mencetak atlit-atlit unggulan SMA Negeri 1 Subang. Ekskul ini juga termasuk produktif dalam menyumbangkan trofi untuk SMA tercinta, SMA Negeri 1 Subang.

Tidak sampai disitu ekskul yang ada di SMANSA , jangan salah, di SMANSA juga ada ekskul yang mewadahi para siswa yang hobi dalam seni tari. tidak hanya tarian modern, dalam ekskul Modern Dance (MD) ini juga ahli dalam tarian tradisional. Bahkan MD SMANSA pernah mendapat juara dalam lomba Cherrleaders. Di samping itu, MD SMANSA selalu menjadi entertaint dalam acara-acara tertentu. Ketuanya adalah seorang siswi yang ahli dalam bidang ini, maka dari itu Novia Tresna pantas menduduki jabatan ketua MD SMANSA.

Jangan pusing bagi siswa yang hobi dalam menciptakan dan memusikalisasikan hasil puisinya. Di SMANSA ada sebuah ekskul yang di bawah pimpinan Bayu Dwi Hartanto yang bergerak dalam bidang ini, Bengkel Sastra siap membawa anda menuju dunia sastra yang kental dengan aura seni.  

Lorong Teater (Loter), saat ini diketuai oleh Putri Tresna. Bagi siswa yang sangat menyukai dunia peran, di sinilah tempatnya. Bukan hanya berakting, tapi juga bermain seni, Loter SMANSA lah tempatnya. Paduan Suara SMA Negeri 1 Subang, Iip Ismail yang tahun ini menjadi ketua ekskul yang pernah membawa anggotanya menjadi Paduan Suara Nasional dalam Peringatan Kemerdekaan RI tahun 2007. Paduan Suara SMANSA mampu membuat bulu kuduk merinding setiap Senin dalam Upacara Bendera SMA N1 Subang.

Klub Konservasi Sekolah. Ekstrakurikuler satu-satunya yang ada di Kabupaten Subang yang berorganisasi dalam bidang Konseptual Sekolah dalam hal lingkungan. Diketuai oleh Ayuning Tyas, dan selalu aktif dan berprestasi dalam event-event di level Provinsi. Data Kecil Prestasi Ekskul ini, antara lain, 
Juara 1 Jambore III KKS 2006
Siswa terbaik pada Jambore III KKS 2006 (Listiany)
Sekolah terbaik Jambore IV KKS 2007
Siswa terbaik Jambore IV KKS 2007 (Aldi Muhamad Yusup)

Pecinta Alam Wana Putra. Yang saat ini diketuai oleh Zeally Akhbar Ramadhan ini, hampir setiap bulan mencantumkan agenda kegiatan untuk  mendaki gunung. Jurnalistik Titik Hitam, di bawah pimpinan Anggia Mustika Kharisma bertanggung jawab dalam menyalurkan informasi dan menampung aspirasi SMANSA dalam Wall Magazine SMANSA, selain itu, untuk setiap event dari SMANSA, baik dari OSIS maupun dari ekskul, Jurnalistik "wajib" mencari berita mengenai event tersebut.

Koperasi Siswa SMA N 1 Subang, Zainal siap membimbing untuk ber"politik" langsung dalam bidang ekonomi. Koperasi SMANSA sudah mengharumkan nama SMANSA di level Nasional. SMANSA English Club, adalah ekstrakurikuler untuk menjadikan sebuah ligkungan di SMANSA yang Full Of English Day. Debate, Scrabble, Speech dan masih banyak lagi yang lainnya yang akan ditemukan di ekskul yang diketuai oleh Annisa Nanda ini. Mau lancar inggris? Masuk English Club di SMANSA.

Yoyo Club, melejit nama SMANSA sejak ekskul ini resmi berdiri. Levelnya tidak hanya Nasional tapi juga Internasional, dari Arief yang sudah berkelana di dunia layar kaca , siswa SMANSA setiap hari Senin dan Sabtu akan mendapat trik-trik terbaru untuk bermain Yoyo. Konon, Yoyo dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan kiri manusia. Yoyo memang sangat fenomenal di SMANSA.

Sampai kita pada ekskul terakhir saat ini di SMANSA, di bawah ketuanya yang baru angkatan pertama, Jerry . SMANSA Creative Art, menjanjikan para siswa untuk ahli di bidang design. Setiap eventnya, OSIS selalu memakai anak SCA sebagai Dekorator acara OSIS.

Genap 24 sudah ekskul yang ada di SMA N 1 Subang. Kelak , para aktifis organisasi lah yang akan memimpin negeri ini. Kita semua berharap, semoga kelak Indonesia menjadi Negara yang lebih dari yang kita harapkan saat ini, dengan dipimpin oleh tunas-tunas bangsa, yang saat ini masih digodog di universitas alam ( life university ) di bangku-bangku SMA. 

Maju Indonesiaku !!  

7 komentar:

osissman1subang@yahoo.co.id mengatakan...

Waww !! baru tau ada SMA yang ekskul nya seabrek gitu. . . Keren Keren . . .

Anonim mengatakan...

ngomong ngomong iraha, SMAN 1 SUbang boda website sorangan. bejakeun ka TEAM BIOS, "Sing uleutnya, abdi tos cape ngabentuk organisasi eta taun 2005 ueyy"

salam ECHO
http://eecchhoo.wordpress.com/

Anonim mengatakan...

tolong bilang bagi anak2 BIOS, alumni BIOS angkatan ke-1 dah bikin blog di

http://biosmansa.wordpress.com/

buat sharing ilmu...

Anonim mengatakan...

Selamat Pagi|Siang|Malam semuannya...

Numpang comment boleh kan????

Akhirnya setelah beberapa lama cari2 akhirnya ada juga yang nulis tentang SMAN 1 Subang. Kemana aja

euyyyy.... Kaya gak ada kehidupan aja disana atau memang gak mau/gak tau/gak mau tau tentang dunia luar

atau memang gak mau dikenal sama dunia luar??? renungkan!!! ciyeee...

Oh iya sorry langsung nyerocoos gitu!!! kenalian saya alumni SMAN 1
Subang angkatan 2006 panggil aja NIK's. Kenapa tadi saya ngomong gitu karena saya sebagai alumni sangat

sulit sekali mencari informasi tentang SMA 1 (iya memang kalau masih di Subang sih gampang, Gimana

kalau saya di luar negeri!!! kan repot, padahal saya pengen tau keadaan terakhir dari SMA tercinta )

Tadinya sih saya berharap sma 1 nulis di WEB site!!!

Kapan nih SMA 1 punya web. Saya harap sih SMA 1 punya web yang bagus, jangan hanya banyakin friendster

(buakannya gak boleh) tapi web intern sekolah lebih penting, kira2 untungnya begini:

1. Kalo ada web sekolah berarti kita punya sarana penghubung antara siswa, guru, alumni, dan dunia luar

lainnya.

2. Kalo ada web orang bisa tau gima na keadaan terakhir dari sekolah itu (masih tidur, bangun, atau

sedang lari2).

3. Kalo ada acara2 bisa langsung dipublish di web, lumayan irit2 biaya promosi.

4. Penghubung antara sekolah dan dunia luar(sampai kapan mengekang diri!!! kaya dipasung aja!!! atau

memang di pasung tapi rantainya gak keliatan)

5. Kalo ada web??? para alumni yang udah sukses bisa kasih tau kalo dia mau kasih batuan duit kesekolah

(kalii...), itu alumni yang sukses, kalo alumi yang sengsara? biar dia ngileeer ngeliat orang lain

sukses. Eh bukan deng supaya itu bisa jadi cambuk bagi dia untuk menjadi lebih baik.

6. Kalo ada web kita bisa saling berdiskusi. misalnya kalo ada beasiswa, info penerimaan sekolah, dll.

7. Kalo ada web, kita bisa saling transfer tugas sekolah, kirim tugas dari guru ke siswa, dari kepala

sekolah ke guru,dari guru ke TU, dari TU ke TU lagi, lah pokonya mau muter2 silahkan aja deh.


yah kalau mau diitung2 masih banyak keuntungannya!!! tapi cape dehhh... ngetiknya.

Jadi intinya mah buat web lah??? sampai mau kapan kaya gini, sampai kapan kita tertinggal, sampai kapan

kita mengucilkan diri, sampai kapan kita bersembunyi!!! Masa sekolah sebesar SMA 1 Subang gak punya web

!!! kan malu.

Yuk kita sama2 tunjukan pada dunia bahwa kita ada, kita ini bisa, kita bisa maju, kita ini terus

berkembang pokonya hidup SMA 1 Subang, hidup Indonesia.......dan Hidup BIOS ha2...

Oh...iya satu lagi kalo ada blog jangan tahan sendiri donk sis, publish ke yang lain, tempel di mading

tebarkan ke seluruh subang , terbarkan keseluruh dunia, alahhh.

Kenapa saya bilang gitu!!! tuh keliatan di counter waktu saya buka cuma sedikit yang buka (itu juga

kayanya yang buka bolak-balik yang buatnya).

Udah dulu ah nanti kita sambung lagi, pokonya ditunggu kabar terakhir, yuu....

Assalamu'alikum Wr.Wb

send your msg to:
okio03@yahoo.com

Kang Udel mengatakan...

Hebat....
tapi rada terlambat.....
terus kembangkan blog nya....
templatenya cari yang bagus ya.....
trus itu panggung kemana...
eta... anak-anak lorong kamana...
masih aya teu.....
salam ti kang udel ti pontianak....
sono... hoyong ningal deui....sakola.... nu tos masihan.... kenangan nu teu tiasa dilengitkeun......
salam ka alumni angkatan 1995...
email udel : t124na@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

apabila ada informasi penting, maupun tidak penting, tolong informasikan ke FS nya alumni SMAN 1 Subang, karena para alumni juga ingin mengetahuinya
di :

http://www.friendster.com/smunsasubang

Thnx

Anonim mengatakan...

Jadi hoyong mampir, ningali persami atanapi latihan pramuka.
Kumaha kabarna KIR?